Anak Baper
Advertise Here !Have A Brand ? (728x90)

Anak Baper

Bendera Merah Putih Indonesia, Fakta Unik dan Menarik!

Bendera Merah Putih Indonesia, Fakta Unik dan Menarik! – Umumnya, pembuatan bendera merah putih adalah salah satu momen identitas bangsa yang membanggakan tetapi dibalik keindahannya tersembunyi fakta menarik dan mungkin tidak dipunyai oleh negara lainnya. Nah sobat baper, apakah Anda penasaran dengan pembuatan bendera Indonesia ? Pada kesempatan kali ini admin anakbaper.com akan membagi sedikit pengetahuan mengenai fakta unik dan menarik Bendera Indonesia, simak lebih lanjut.

Bendera Merah Putih

Kisah Menarik Bendera Merah Putih Indonesia

Negara Indonesia pastinya mempunyai simbol yang menjadiciri dari Negara tersebut, contohnya adalah Bendera. Sebuah benda yang identik persegi ini memang sudah menjadi simbole negara dengan kombinasi warna-warni tertentu, misalnya Indonesia.

Kita sudah mengetahui bersama bahwa Bendera Indonesia yaitu simbol kebanggan negara Indonesia yang mempunyai sejarah perjuangan kemerdekaan, tidak hanya itu ternyata simbol negara ini mempunyai fakta unik juga. Lantas apa saja, mari kita coba ulasan lebih dalam.

Berperan sebagai simbol negara, Bendera Indonesia mempunyai sejarah yang cukup panjang serta menjadi saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pengibaran merah putih ini awalnya dilakukan ketika proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tangga 17 agustus 1945 di Jakartaq, lebih teoatnya di Jalan Pegangsaan Timur 56.

Pasti ada diantara Anda yang merasa binggung mengapa harus merah dan putih ? Dasarnya Warna merah mempunyai makna filosofis yang cukup dalam, merah menyimbolkan keberanian bahwa dalam memperjuangkan kemerdekaan negara diperlukan jiwa pemberani. Dilain sisi warna putih mempunyai arti suci yang menggambarkan bahwa para pejuang dan pahlawan kemerdekaan mempunyai niat suci untuk membebaskan tanah air dari para penjajah.

Tetapi pada kenyataannya penggunakan Bendera Indonesia hanya itu, Bendera Indonesia Mempunyai Janji sembilan garis merah putih.

Berbagai Fakta Menarik dan Unik Pembuatan Bendera Merah dan Putih

Dari kisah sejarah yang cukup panjang dan menjadi saksi bisu perjuangan pahalawan membebaskan tanah air dari tangan penjajah, bendera merah putih Indonesia nyatanya menyimpan fakta unik dan menarik yang perlu sobat ketahui. Ingin tahu mengenai faktanya ?

Mempunyai Nama Lain

Penting kita ketahui bahwa Bendera Indonesia tidak hanya disebut dengan Bendera Indonesia saja, tetapi ada sebutan lain bagi simbol negara ini yakni Sang Saka Merah Putih, Sang Dwiwarna dan Bendera Pusaka.

Sebutan tersebut sudah pasti mempunyai arti tersendiri, kita sebagai warga Indonesia wajib mengetahui ketiga makna nama tersebut agar penggunaannya sesuai dengan artinya. Nama Sang Saka Merah Putih kerap kali digunakan sebagai sebutan bagi bendera merah putih untuk melambangkan Simbol Negara.

Kemudian, Sang Dwiwarna atau Sang Merah Putih merupakan sebutan yang biasa digunakan ketika pengibaran bendera pada upacara dan Bendera Pusaka ditujukkan untuk Bendera Indonesia Pertama kali dijahit oleh serorang wanita Indonesia bernama Fatmawati.

Memiliki Fungsi Sebagai Simbol Negara

Bendera juga menjadi kebanggan Indonesia sebab merupakan salah satu Simbol negara, oleh karena itu segala perlakuan terhadap bendera Indonesia sudah diatur pada undang-undang.

Kami rasa kita sudah tahu bahwa perlakukan seseorang terhadap simbol negera memang tidak boleh sembarangan, segala bentuk perbuatan yang mencerminkan merendahkan bahkan meghina Bendera Indonesia dilarang untuk dilakukan,

Contohnya seperti menginjak, mengolok-olok, membakar, ataupun merobek. Prihal tersebut tidak hanya berlaku bagi Bendera Indonesia saja, sebab semua negara di dunia ini akan melindungi simbol negara sebagai identitas dan kebanggan negara.

Menggunakan Kain Khusus

Bendera dulu dengan sekarang terbilang berbeda bahan dasar pembuatannya, ketika dulu bahan kain yang sering digunakan oleh bendera-bendera negara adalah katun Jepang. Karena Bahan ini mempunyai warna glossy ataupun mengkilap dan memilik bahan premium sehingga diyakiniawet dan tahan lama.

Baca Juga : Daftar Game Offline Android Terbaik dan Terbaru 2020, Seru Banget!

Kain katun Jepang juga mempunyai tekstur lembut, maka tidak heran bila kain ini banyak digunakan sebagai bahdan dasar bendera-bendara negara di dunia.

Terbuat dari tangan Ibu Negara

Lahirnya Bendera Indonesia mempunyai cerita panjang, tidak hanya terinspirasi dari panji kerajaan Majapahit dan pemilihan warna bendera yang mempunyai makna filosofis mendalam, namun proses pembuatan dari Bendera Indonesia ini cukup menarik. Bendera Indonesia dijahir oleh tangan seorang wanita Indonesia yakni Fatmawati, seorang istri dari Presiden pertama Indonesia Ir.Soekarno.

Dari tangan beliaulah dua warna bendera Indonesia ini disatukan untuk dikibarkan saat proklamasi kemerdekaan, ukuran pertama kalinya adalah 276*200 cm.

Mempunyai aturan undang-undang

Admin sudah sebutkan di atas bahwa Bendera Indonesia yang merupakan simbol negara banyak tercantum dalam Undang-Undang 1945.

UDD tersebut mengatur tentang pengibaran bendera hingga pembuatan gambar sang merah putih, undang-undang yang mengatur mengenai pengibaran Bendera merah putih diatur dalam Pasal, 7 ayat 3 UU Bendera, bahasa, lambang Negara dan lagu kebangsaan. Tercatat bahwa pengibaran bendera dilakukan saat matahari terbit dan tenggelam.

Tidak hanya itu pembuatan gambar bendera negera secara digital harus warna yang sudah ditentukan yaitu merah RGB 55(R), O(G), O(B) dan putih menggunakan RGB 255(R), 255(G), 255(B).

Itulah beberapa penjelasan mengenai fakta unik dan menarik mengenai Bendera Merah Putih Indonesia, semoga bermanfaat. Terima kasih!

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *