Anak Baper
Advertise Here !Have A Brand ? (728x90)

Anak Baper

Cara Membuat Npwp Online, Langkah Mudah dan Benar

Cara Membuat Npwp Online, Langkah Mudah dan Benar – Pada tahun ini, Wajib pajak sudah dapat membiat NPWP secara online melalui situs resmi Ereg Paja. Benarkah sobat ? Jika ingin mengetahui bagaimana cara daftar NPWPnya silakan simak hingga habis ulasan berikut ini.

Pada umumnya Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) telah menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia bagi memenuhi syarat subjektif maupun objektif untuk mendaftarkan diri menjadi wajib pajak yaitu WP, untuk WP yang tidak melapor maka Ditjen Pajak akan mengenakan sanksi berat seperti pengenaan tarif lebih tinggi dibandingkan seharusnya.

Oleh karena itu, maka pastikan sobat selalu mematuhi peraturan Perudang-undangan perpajakan yang berlaku di Negara Indonesia. Saat ini sebagai suatu identitas maupun tanda pengenal Wajib Pajak maka Ditjen Pajak memberikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) berupa 15 digit angka yang berfungsi sebagai sarana Administrasi perpajakan.

Bukan hanya berfungsi memudahkan Ditjen Pajak dalam menjaga ketertiban dan pengawasan, administrasi perpajakan, NPWP juga berperan sebagai persyarakan dalam pelayanan umum seperti membuka rekening koran, pengajuan kredit di bank, pembuatan paspor, pendirian badan usaha serta masih banyak lagi.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Pemerintah Indonesia semakin memudahkan pembuatan NPWP online, lewat Ditjen Pajak pemerintah menyediakan situs ataupuin website resmi yang memungkinkan WP mengajukan pembuatan NPWP online. Lantas bagaimana caranya ? Tenang sobat anakbaper.com selalu memberikan solusi terbaik untuk sobat baper, ikuti cara mudah membuat NPWP Online berikut ini.

Npwp Online

Syarat Membuat NPWP Online Dengan Benar

Wajib Pajak Orang Pribadi yang tidak menjalankan usaha ataupun pekerjaan

  • KTP (kartu identitas) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA

Wajib Pajak Orang Pribadi yang mempunyai Usaha atau Pekerjaan bebas bahkan pengusaha tertentu

  • KTP (kartu identitas) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA
  • Memiliki Dokumen surat Izin Resmi kegiatan usaha yang diterbitkan oleh Instansi Berwenang serta surat keterangan tempat kegiatan usaha atau perkerjaan bebas dari pejabat pemerintah daerah sekurangnya Lurah atau Kepala Desa.

WP Orang Pribadi dengan status Wanita kawin yang dikenai Pajak terpisah dari suaminya

  • KTP (kartu identitas) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA
  • Fotokopi NPWP Suami
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Syarat Data salinan/fotokopi pernyataan hingga perjanjian atau surat pemisahan resmi penghasilan, surat penyataan menghendaki melaksanakan hak atau harta dan kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami.

Cara Daftar NPWP Online dengan mudah

Membuat akun di website resmi Ereg Pajak

Website tersebut merupakan situs yangt dibuat khusus oleh Ditjen Pajak bertujuan untuk melayani pembuatan NPWP online.

Cara Menu daftar pada halaman awal kemudian masukan seluruh data pendaftaran yang disediakan

Contoh data yang disediakan seperti nama, alamat Email, Password dan lainnya. Setelah itu pastikan bahwa Anda menggunakan alamat email yang masih aktif sebab link aktivasi akan dikirim melalui email yang terdaftar.

Mengecek email apakah sudah mendapatkan link Aktivasi dari Ditjen Pajak

Apabila sudah mendaftar maka Anda akan mendapatkan link aktivasi dan ikuti langkah selanjutnya.

Login dengan password dan email yang sudah Anda buat

Setelah itu akan muncul tampilan Registrasi data WP (wajib pajak) untuk melakukan pembuatan NPWP Online.

Isi formulir pendaftaran NPWP Online

Jika sudah, ikuti langkah pengisian formulir pendafratan NPWP online dengan teliti kemudian pastikan semua data sesuai dengan benar agar tidak ditolak. Contoh langkah pengisian yang akan muncul pada halaman Website.

  • Kategori Wajib Pajak

Klik status Pusat, bila Anda berstatus Pria atau Wanita lajang, sedangkan untuk wanita yang sudah berkeluarga dan ingin mencabangkan NPWP pada suami maka bisa pilih Cabang.

  • Identitas Wajib Pajak

Indentitas yang harus Anda isi seperti nama Wajib Pajak, tempat tanggal lahir, status pernikahan, kebangsaan, nomor telepon dan nomor handphone bahkan email.

  • Penghasilkan Wajib Pajak
  1. Pekerjaan dalam Hubungan Kerja (pegawai maupun karyawan, baik itu swasta, PNS BUMN, atau lainnya)
  2. Kegiatan Usaha (Usaha pribadi seperti usaha warung makan, perdagangan sembako, warnet, travel dan sebagainya)
  3. Pekerjaan bebas (pekerjaan dengan keahlian khusus seperti dokter ataupun notaris)
  4. Lainnya (pekerjaan selain dari 3 jenis pekerjaan di atas seperti Freelancer)
  • Alamat Tempat Tinggal Atau Domisili

Data alamat tempat tinggal diisi dengan domisili tempat Anda tinggal saat ini, dapat bebeda dengan yang tertulis pada KTP. Tetapi terdapat beberapa kantor pajak mengharuskan Wajib Pajak mengisi alamat sesuai KTP.

  • Alamat Usaha Wajib Pajak

Bila Anda seorang pemilik usaha, maka di isi dengan alamat tempat usaha beroperasi. Khusus untuk pegawai dapat mengosongkan kolom dan klik Lanjut.

  • Tanggungan serta Gaji wajib Pajak

Bila datanya sudah lengkap, klik menu token untuk memperoleh kode unik sebagai syarat pengajuan

Jikalau sobat sudah mengisi formulir dengan valid maka silakan klik tombol Token yang ada pada dashdoard, setelah itu cek email dan jika sudah ada 1 menit token belum juga dikirim maka silakan klik lagi.

Selanjutnya salin token alamat email tersebut dan masukan kembali ke menu dashboard lalu tempel kode itu dalam kolom token serta klik permohonan.

Baca Juga : Daftar Film Action Terbaru dan Terbaik Tahun Ini, Seru Banget!

Hal yang diperlukan setelah menyelesaikan pengisian formulir pendaftaran NPWP Online yaitu cetak formulir registrasi berserta surat keterangan terdaftar yang ada pada layar.

Tidak hanya itu, tanda tangan formulir registrasi dan lengkapi dokumen lain yang diperlukan

Kirim semua dokumen ke Kantor Palayanan Pajak(KPP) tempat Anda mendaftarkan diri

Semua berkas itu dapat Anda kiri melalui via pos atau diserahkan langsung, dokumen harus dikirim paling lambat setelah formulir dikirim secara eletronik.

Alternatif lain selain mengirim dokumen via pos ataupun datang langsung

Yaitu dengan cara scan semua data atau dokumen dan unggah dalam bentuk soft copy melalui aplikasi e-Regidtration.

Langkah selanjutnya setelah berkas dikirim, Anda hanya tinggal tunggu kartu NPWP dikirim ke rumah Anda jika pengajuan disetujui

Apabila kartu NPWP tidak kunjung datangm kemungkinan terdapat data atau berkas yang harus diperbaiki sehingga pengajuan sementara ditolak, sementara waktu proses pengajuan NPWP Online maka Anda dapat memeriksa status pendaftaran Lewat Email maupun halaman history pendaftaran pada aplikasi e-Registration.

Buat NPWP online mungkin tidak sesulit yang Anda bayangkan, serta proses pembayaran pajak secara online. Mungkin itu saja beberapa ulasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *