Anak Baper
Advertise Here !Have A Brand ? (728x90)

Anak Baper

Sejarah Persib Bandung Dari Jaman Ke Jaman, Patut Diketahui!

Sejarah Persib Bandung Dari Jaman Ke Jaman, Patut Diketahui! – Dasarnya Persib atau Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung merupakan sebuah Klub Sepak Bola Profesional yang berasal dari Bandar Lampung, Indonesia. Klun Sepak bila ini bersaing pada Liga 1 yaitu tingkat teratas sepak bola Indonesia. Penting Anda ketahui bahwa Persib Bandung didirikan pada Maret 1993 dari gabungan 3 klub, bahkan belum pernah diturunkan dari papan atas sejak beridirinya Liga Indonesia ditahun 1994. Tempat ataupun stadion kandang Persib bernama Gelora Bandung Lautan Api yang mempunyai kapasitas 38.000 orang, Persib Bandung memiliki nama panggilan lain seperti Maung Bandung dengan arti Bandung Tiger dan Pengeran Biru.

Nah, pada kesempatan kali ini admin anakbaper.com akan memberikan sebuah ulasan mengenai Sejarah Persib Bandung dari Jaman ke Jaman. Semoga dengan ada ulasan kali ini dapat menjadi suatu informasi serta pengetahuan bermanfaat kepada sobat baper, penasaran dengan sejarah dari klub sepak bola ini ? Simak terus ulasan dari kami berikut.

Persib

Sejarah Persib Bandung, Klub Sepak Bola Papan Atas Indonesia

Kita sudah ketahui bersama bahwa Persib Bandung tentunya mempunyai sejarah panjang sampai menjadi klub kebanggan Warga Jawa Barat, lantas apakah sudah mengetahui sejarahnya ? Bila belum maka sobat singga pada tempat yang tepat, sebab kami merupakan situs Berita Unik yang selalu memberikan Informasi terbaik kepada semua pengunjung kamu. Langsung saja kita beralih ke Inti pembahasan kali ini yaitu sejarah Persib Bandung.

Kisah terbentuknya Persih Bandung atau Awal Berdirinya

Di daerah Bandung mempunyai BIVB (Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond) yang dibentuk pada tahun 1923, alat perjuangan di masa itu adalah perkumpulan sepak bola. Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond diketuai oleh ketua Umum Syamsudin dan kemudian diteruskan oleh Putra Pahlawan Nasional, Dewi Sartika, R.Atot. Markas dari BIVB ini bertempat pada lapangan Tegallega, Bandung. Bahkan, Tim BIVB sudah beberapa kali mengadakan pertandingan di luar kota misalnya di Yogyakarta, Jatinegara dan Jakarta.

Pada prosesnya BIVB menghilang, lalu muncul dua perkumpulan sepakbola antara lain Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB). Di tanggal 14 maret 1933 kedua klub tersebut sepakat melebur dan akhirnya lahir perkumpulan baru yaitu Persib, ketika itu Anwar St. Pamoentjak dipercaya menjadi ketua umum.

Berhasil Mendapatkan Hati Warga Bandung

Di awal tahun 1937 telah berdiri perkumpulan sepak bola yang dimonitori oleh orang-orang Belanda, yaitu Voetbal Bond Bandung dan Omstreken (VBBO). Inilah yang menjadi saingan dari Persib, tempat pertandingan VBBO dilakukan dalam kota Bandung karena dianggap lebih bergengsi, berbeda dengan Persib yang bertanding di pinggiran Bandung seperti Tegallega dan Ciryom.

Inilah yang menyebabkan Persib sering dipandang rendah bahkan disebut sebagai perkumpulan kelas dua, walaupun demikian klub Maung Bandung ini lebih merebut hati warga Bandung serta menegaskan diri sebagai perkumpulan Sepak Bola satu-satunya bagi masyarakat Bandung hingga sekitarnya. Kemudian klub-klub yang bernaung di bawah VBBO seperti UNI dan SIDOLIG akhirnya bergabung bersama Persib.

Baca Juga : Trik atau Cara Download Video Youtube Tanpa Menggunakan Aplikasi, Gampang Banget!

Selanjutnya VBBO menyerahkan lapangan yang biasa digunakan untuk bertanding yaitu lapangan UNI, Lapangan SIDOLIG dan Lapangan SPARTA. Dengan beranjaknya waktu membuat Persib menjadi semakin Eksis Di Bandung.

Bahkan Sempat Vakum

Saat Indonesia jatuh ke tangan Jepang, kegiatan persepakbolaan yang dinaungi organisasi dihentikan dan oraganisanya dibredel sehingga membuat Persib sempat Vakum. Tetapi setelah Indonesia merdeka Persib kembali tenar, perkumpulan sepak bola ini bukan hanya populer di Bandung bahkan di Tasiklamaya, Sumedang dan Yogyakarta. ketika itu prajurit SiliWangi Hijrah ke Ibu Kota Perjuangan Yogyakarta.

Didirikan kembali

Persib kembali berdiri di Kota Bandung pada tahuj 1948, namun keberadaanya dirongrong Belanda(NICA) yang kembali datang. Mereka mempunyai keinginan membangun VBBO dengan nama berbahaasa Indonesia. Di waktu pendudukan NICA, persib didirikan kembali atas usaha antara lain dokter musa, Munadi, H. Alexa dan Rd. Sugeng. Usaha tersebut berhasi dan di Bandung hanya ada Persib dan perkumpulan sepak bola berlandaskan Nasionalisme.

Mempunyai Kantor Sekretariat

Diketahui persib mengakhiri masa nomaden kantor sekretariat pada priode 1953-1957, Wali Kota Bandung ketika itu R, Enoch membangun sekretariat Persib Di Cilentah. Lalu Atas upaya R. Soendoro, Persib berhasil mempunyai kantor sekretariat di Jalan Gurame. Kantor itu masih ada hingga saat ini!

Menjadi Juara

Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung meraih kejuaraan perserikatan pada tahun 1961, sebab sudah mengalahkan PSM Ujung Pandang di Final. Dengan prestasinya itu Persib ditunjuk untuk mewakili PSSI di Ajang kejuaraan sepakbola Piala Aga Khan di Pakistan tahun 1962.

Mengalami Masa Sulit

Pada tahun 70an Persib Bandung mengalami masa sulit dan tidak memperoleh gelar kemenangan, terlebih lagi ketika kompetisi perserikatan 1978-1979 dengan persib terdegradasi ke Divisi I.

Tahun penting 1986-1990

Pada kompetisi Perserikatan tahun 1986, Persib yang dilatih oleh Nandar Iskandar memperoleh juara setelah di Final mengalahkan Perseman Manokwari 1-0 melalui Gol tunggal Djadjang Nurdjaman di stadion Senayan. Dengan begitu, Persib mendapatkan gelar juara kompetisi 1990 setelah mengalahan persebaya 2-0 melalui gol bunuh diri Subangkit dan Dede Rosadi.

Mendapatkan Piala Presiden Selamanya

Dalam kompetisi penutup Perserikatan 1993-1994 Maung Bandung ini kembali meraih gelar juara setelah di Final mengalahkan PSM. 2-01 melalui Gol Yudi Guntara dan Sutiono Lamso, mereka berhak membawa pulang Piala Peresiden untuk selamanya. Pada kompetisi berikutnya berubah nama menjadi Liga Indonesia yang pesertanya dari tim-tim Galatama dan Perserikatan.

Masuk Final Liga Indonesia

Di Jaman tersebut Persib berhasil menggenggam Trofi Juara dalam kompetisi Liga Indonesia, Maung Bandung menaklukkan Pretokimia Putra dengan skor 1-0 melalui Gol Sutiono Lamso ke menit 76.

Mungkin itulah sedikit Sejarah Persib Bandung Dari Jaman Ke Jaman, semoga bisa memberikan pengetahuan dan wawasan kepada Anda semua. Terima kasih, salam baper.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *