Anak Baper
Advertise Here !Have A Brand ? (728x90)

Virus Corona Wabah Mematikan Di Dunia, Benarkah ? Berikut 5 Faktanya!

Virus Corona Wabah Mematikan Di Dunia, Benarkah ? Berikut 5 Faktanya! – Belakangan ini viral kemunculan wabah penyakit mematikan yakni Virus Corona yang membuat dunia gempar, ada beberapa media menyatakan bahwa Corona Virus sudah sampai pada Negara kita Indonesia. Apakah penyataan ini benar adanya ? Corona virus diduga mempunyai kemiripkan dengan virus mematikan yang dulu pernah ada yaitu SARS, seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya virus SARS pernah membuat 800 manusia meninggal dunia pada tahun 2003 silam.

Efek mematikan tersebut membuat WHO memberikan peringatan keras suapa negara-negara di dunia mewaspadai virus baru itu, lantas seperti apakah virus corona ini serta bagaimana cara mengatasinya ? Di bawah ini admin anakbaper.com sudah merangkum beberapa fakta menarik mengenai corona virus wabah mematikan yang sedang viral hingga membuat dunia gempar. Penasaran ? Simak ulasan lebih jelasnnya!

Virus Corona

Virus Corona Wabah Mematikan Di Dunia, Belum Ada Penangkalnya

Menyerang Pernafasan

Terlansir dari Liputan6.com hari kamis 23-1-2020, wabah mematikan ini disebut mempunyai kemiripan dengan virus SARS karena menunjukkan reaksi infeksi yang membuat manusia mengalami sindrom pernafasan akut. Saat ini Virus Corona menyebar dan berevolusi menjadi virus jenis baru, gejala virus yang mempunyai resiko besar menyebabkan kematian ini cukup sederhana mirip dengan flu, suhu badan tinggi, batu kering, hingga nafas pendek. Apabila virus ini telah menyebar serta membuat kerusakan jaringan tubuh maka orang uang mengidapnya menjapdi pneumonia.

Pertama kali muncul di Wuhan, China

Beberapa peniliti menduga bahwa virus Corona mematikan ini menyebar pertama kali di Negara China, tepatnya pada pusat kota Grosir Laut Hunanan atau yang lebih sering dikenal dengan pasar Wuhan. Dari fakta laporan Journal Of Medical Virology dirilis pada rabu 22 januari, hewan ular diduga menjadi reservoir pertama penyebaran Corona Virus.

Memang pernyataan ini ditemukan adanya kemiripan kode genetik virus dua jenis ular yaitu krait dan kobra china.

Sitem penyebaran virus

Kabarnya virus ini diprediksi sebagai wabah mematikan yang sangat mudah menular, bahkan virus ini bisa menular melalui hewan ke hewan, manusia ke hewan, dan juga manusia ke manusia. Dengan melihat begitu mudahnya virus corona ini tersebar maka tidak herah bahwa virus mematikan ini sudah mulai menyebar hingga sedikitnya 5 negara di dunia.

“Sekarang, dapat dinyatakan secara afirmatif bahwa ada fenomena penularan dari manusia ke manusia”. itulah ucapan yang keluar dari mulut Zhong Hansan yaitu kepala penelitian Virus Corona di China.

Baca Juga : Daftar Film Perang Terbaik Sepanjang Masa Diangkat Dari Kisah Nyata

Terlansir dari sumber Kompas.com, kami 23 januari kejadian corona virus muncul di Negara China dengan jumlah infeksi mencapai 544 orang, Thailand 2 orang, Jepang 1 orang, Korea Selatan 1 orang dan di Amerika Serikat 1 orang. Virus corona mematikan ini juga sempat dikabarkan sudah masuk ke Indonesia tepatnya di Jakarta dengan suspek 1 orang yang kini sedang dirawat.

Belum di temukan penangkalnya

Tersebarnya virus corona ini dalam jangka waktu cepat ternyata juga membuat para ahli medis kewalahan, hal tersebut dikarenakan virus jenis baru ini belum mempunyai penangkalnya atau obat tepat. Hingga saat ini peneliti China sendiri masih terus berjuang untuk menemukan obat dan vaksin tepat untuk mencegah wabah corona menjadi lebih besar.

“Kami belajar bahwa epidemi bisa dikendalikan tanpa obat atau vaksi, menggunakan penagawasan yang ditingkatkan, isolasi kasus, pelacakan kontak, PPE dan langkah pengendalian infel.” Uangkap Raina Macintya, kepala peneliti biosekuriti Kirbt Institute Universitas New South Wales.

Cara Mencegah virus mematikan

Sebenarnya sama dengan kebanyakan virus mematikan lainnya, cara untuk mencegahnya dimulai dari diri sendiri , berikut ini adalah beberapa Cara yang disampaikan oleh WHO (World Health Organization) :

  1. Cuci bersih tangan dengan sabun atau hand rub yang mengandung alkohol
  2. Tutup hidung dan mulai ketika bersin dengan menggunakan masker atau tisu
  3. Menjaga jarak dengan rekan yang terkena penyakit flu
  4. Selalu memasak makanan dan minuman yang dikonsumsi hingga benar-benar matang terutama daging hewan

Mungkin itulah yang bisa kami berikan, virus corona mematikan ini memang sedang menjadi perhatian serius dari publik dunia sebab wabah ini tergolong jenis baru dan menyebab dalam jangka waktu yang cepat. Semoha dengan adanya artikel kali ini dapat membantu memberikan pengetahuan serta bermanfaat bagi kita smeua, mari kita meluangkan sedikit waktu untuk mendoakan saudara-saudara kita di Kota Wuhan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *